Desainer Grafis Wajib Belajar Marketing

workstation-405768_

Bisa dikatakan bahwa desainer grafis dan marketing tidak bisa dipisahkan. Hampir kebanyakan pekerjaan menyangkut desain grafis selalu dibebani misi untuk mendukung tercapainya penjualan suatu produk ataupun jasa. Walaupun pada praktiknya terwujudnya hasil penjualan yang diinginkan tidak hanya bergantung pada desain saja, tapi juga kualitas produk, layanan pelanggan, harga, hingga keadaan ekonomi politik.

Tapi tak bisa dihindari, saat ini elemen desain dalam pemasaran produk maupun jasa menjadi salah satu ujung tombak. Banyak produk bagus, bermutu, layak di pasaran ternyata tidak berhasil menarik publik hanya karena urusan desain grafis terabaikan ataupun di nomor duakan. Karena itulah desainer grafis dalam menjalankan fungsinya sering diberi kepercayaan untuk dapat mengkomunikasikan pesan yang berkaitan dengan produk yang dilempar ke tengah publik dengan salah satu tujuannya agar target penjualan tercapai.

Adalah ideal jika seorang desainer grafis juga mengetahui apalagi menguasai ilmu marketing (baca juga: Implementasi Desain Grafis Dalam Pemasaran). Karena di dalamnya terdapat banyak sekali pengetahuan tentang target ataupun segmen market yang dituju, hingga dapat diketahui pula strategi pemasaran dan penjualan dari suatu produk maupun jasa. Dengan pengetahuan-pengetahuan itulah desainer grafis membekali dirinya agar saat melakukan eksekusi desain hasilnya menjadi berisi. Tak hanya sekadar bagus, tapi juga mampu berbicara menyampaikan pesan dan tentunya mendorong konsumen atau calon konsumen mengambil tindakan pembelian.

Tentu saja, dengan menguasai ilmu marketing maka seorang desainer juga dapat mengetahui isi kepala klien yang sudah menentukan segala hal menyangkut produk dan jasa yang dimilikinya. Dari strategi hingga penyesuaian harga pasaran serta pesaing-pesaing yang perlu dicermati pergerakannya. Dan tentu saja hal-hal ini akan membuat langkah-langkah mendesain menjadi lebih terarah dan dapat lebih mudah menemukan ide maupun konsep kreatif yang diinginkan dan up to date terhadap tren visual yang berlaku.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *