Internet: Hidup Dalam Jaringan Tanpa Sekat

Laju perkembangan teknologi informasi berjalan seiring agresifnya perkembangan teknologi digital, dan keduanya bisa dikatakan saat ini tak terpisahkan. Salah satu produk teknologi ini yang paling menonjol adalah keberadaan internet yang membuat manusia bagaikan hidup dalam jaringan tanpa sekat. Dan berawal dari produk teknologi informasi bernama internet ini, kini banyak varian produk dan aktifitas digital yang berhubungan dengan internet dan selayaknya diperhatikan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Mobile Applicaton
Mobile application adalah proses pengembangan aplikasi untuk perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet pc. Aplikasi ini ada yang sudah tertanam pada perangkat, atau didownload oleh pelanggan dari toko aplikasi dan dari distribusi perangkat lunak mobile platform yang lain

2. Social Media
Social Media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilaku-kan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berin-teraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

3. Digital Marketing
Digital Marketing adalah suatu aktivitas dalam usaha atau bisnis untuk memasarkan produk atau jasa dan mempromosikan merek dagang melalui media digital, contohnya melalui internet.

4. Social Media Marketing
Social media marketing pada prinsipnya adalah proses yang dijalankan untuk mendapatkan lalu lintas situs web atau perhatian, melalui situs media sosial. Program pemasaran media sosial biasanya berpusat pada upaya untuk menciptakan konten yang menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk berbagi melalui jaringan sosial mereka.

5. Viral Marketing
Viral marketing merupakan strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomuni-kasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer.

6. Viral Video
Sebuah viral video ada-lah setiap klip animasi atau film yang menyebar dengan cepat melalui berbagi cara melalui internet sharing. Viral video dapat menerima jutaan viewers dengan membagikannya di situs media sosial, diumumkan ke blog, mengirim dalam email dan sebagainya.

7. HTML5
HTML5 adalah teknologi inti bahasa markup Internet yang digunakan untuk penataan dan menampilkan konten pada website. HTML5 merupakan revisi kelima dari standar HTML yang kemudian pada Desember 2012, direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Tujuannya adalah meningkatkan HTML versi sebelumnya dengan dukungan multimedia terkini dan mudah dibaca oleh manusia dan secara konsisten dimengerti oleh komputer dan perangkat (web browser, parser, dll).

8. Responsive Web Design
Sebuah metode atau pendekatan sistem web design yang bertujuan memberikan pengalaman berselancar yang optimal dalam berbagai perangkat, baik pada mobile device maupun desktop computer. Dengan metode ini, web akan beradaptasi jika dibuka dari perangkat berukuran kecil maupun perangkat dengan ukuran monitor besar. Ukuran huruf, user interface, gambar dan tata letak akan menyesuaikan dengan lebar layar dan resolusi layar monitor yang tersedia.

9. Digital Publishing
Digital Publishing atau juga dikenal dengan nama e-Publishing, pada dasarnya adalah pener-bitan yang diaplikasikan dalam format eletro-nik,yang dapat dibaca pada media-media seperti: Komputer Desktop, Laptop, Tablet, Smartphone, Ebook Reader.

10. Blogging
Blog adalah singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog biasanya berisi catatan pribadi, seperti diary, yang ditulis secara online yang sering diperbarui dan didistribusikan ke masyarakat umum.

11. Vlogging
Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging.

12. Cloud Computing
Cloud computing adalah proses penyimpanan data komputer dan akses aplikasi komputer secara online. Teknologi komputer berbasis sistem cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini juga memungkinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa perlu melakukan instalasi.

13. Media Streaming
Sebuah teknologi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara Real Time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital berupa (video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server apllikasi dan di terima serta ditampilkan secara Real Time oleh aplikasi pada komputer klien.

14 SEO (Search Engine Optimization)
Pengertian dari SEO memang juga sangat luas, tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo dengan kata kunci yang ditarget.

Jurnalis majalah The New Yorker pernah mengatakan, “Teknologi seharusnya membuat hidup kita lebih mudah, memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal lebih cepat dan efisien.”

Sudahkah Anda berteman dengan teknologi internet dan digital?.

(Tulisan ini juga dimuat di maleindonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *